Tanya Jawab (Q & A) Seputar Permasalahan Pmp 2017
![]() |
Tanya Jawab Seputar Permasalahan PMP 2017 |
Hadirnya PMP sejak tahun lalu dan tahun ini, sedikit banyak cukup menyita waktu dan tenaga para operator sekolah. Bahkan tidak jarang menimbulkan beberapa permasalahan yang cukup mengganggu pengerjaan PMP hingga selesai. Mulai dari kebijakan siapa yang harus mengisi kuesioner seharusnya, apa konsekuensi atau imbal balik yang didapat oleh operator hingga permasalahan aplikasi yang tidak bisa diinstal dan tidak terhubung dapodik.
Nah kali ini mari kita bahas beberapa permasalahan yang timbul dalam pengerjaan PMP 2017. Mungkin banyak sekali pertanyaan yang muncul dalam benar kita terkait pengerjaan PMP yang cukup melelahkan ini.
1. Aplikasi PMP versi berapa yang harus digunakan? (PMP Versi.2.0 vs Versi.2.1)
Banyak yang bingung juga, aplikasi PMP versi berapa yang harus digunakan. Apakah aplikasi versi 2.0 ataukah updaternya versi 2.1. Sebetulnya tidak usah bingung. Pengerjaan Aplikasi PMP periode tahun pelajaran 2017/2018 dapat menggunakan versi 2.0 ataupun juga Updater 2.1. Namun apabila data responden PMP 2017 telah terpenuhi, dapat melakukan konfirmasi dan pengiriman data, serta tercatat sudah kirim/diproses di website pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id, berarti sekolah telah memenuhi kewajiban pengiriman data PMP 2017.
2. Apa saja yang harus diperhatikan saat akan memperbaharui aplikasi PMP 2017?
Masalah tersebut sebetulnya sudah saya bahas diartikel sebelumnya. Namun masih ada beberapa yang bertanya bagaimana langkah sukses memperbaharui aplikasi PMP 2017 dari versi 2.0 ke versi 2.1. Langkah yang harus diperhatikan dalam memperbarui aplikasi PMP adalah sebagai berikut:
- Backup Data PMP dan simpan di folder yang aman (bukan folder Program Files)
- Lakukan Instalasi sesuai dengan jenis file yang dipakai yaitu Installer (85,88 MB) atau Updater (45,7 MB)
- Instalasi menggunakan Installer: Backup data -> Uninstall versi 2.0 -> Install versi 2.1 -> Restore data yang telah di-Backup
- Instalasi memakai Updater: Backup data -> Install Updater versi 2.1
- Cek Ulang Kofirmasi dan Kirim Data
Baca juga :3. Masalah apa saja yang sering muncul di aplikasi PMP 2017?
- Cara Sukses Instal dan Update Aplikasi PMP 2017 Versi Terbaru (Versi 2.1)
- Cara Sukses Kirim PMP 2017
berdasarkan hasil pantauan di lapangan beberapa kesalahan dan masalah yang sering dijumpai pada Aplikasi PMP tahun 2017 yaitu:
- Data Lupa belum di-Backup sehingga mulai dari awal lagi pengisian kuesionernya.
- Lupa melaksanakan simpan data ketika tamat mengerjakan kuesioner sehingga ketika logout data kuesioner belum tersimpan
- Kesalahan menggunakan file Instaler/Updater. Seharusnya menggunakan Installer kalau ingin melakukan instal ulang aplikasi, atau sebaliknya kalau tidak melaksanakan instal ulang maka langsung saja memakai updater. Perbedaan terdapat pada ukuran file tersebut.
- Menggunakan dua aplikasi Dapodik dalam satu laptop
- Tidak sanggup melaksanakan salin PTK atau PD, dsb.
Waktu pemrosesan data di website PMP dari mulai dikirim sampai dengan sudah diproses dilakukan secara tertunda/tidak real time dengan penjelasan berikut:
- Status Pengiriman yaitu: Belum Kirim – Sudah Kirim – Sudah Diproses atau Gagal Diproses
- Setelah sekolah berhasil melaksanakan proses pengiriman data, maka server hanya mendapat file-file PMP sekolah.
- Update Pengiriman Sehari (1x24 jam) setelah sekolah melaksanakan pengiriman, maka server memproses file-file PMP dengan mencatat log /waktu pengiriman beserta data jawaban ke dalam database. Misalnya kalau sekolah melakukan pengiriman di tanggal 20 September 2017, maka log pengiriman gres akan masuk ke dalam database pada tanggal 21 September 2017.
- Setelah log pengiriman sekolah dan file PMP diproses, maka website PMP melaksanakan sistem pembaharuan informasi secara berkala setiap 6 jam sekali yaitu pukul 00.00 WIB, 06.00 WIB, 12.00 WIB dan jam 18.00 WIB. Jadi misalkan waktu pengiriman yang sudah diproses dan masuk ke dalam database final pada jam 09.00 WIB, maka datanya gres bisa dilihat pada pukul 12.00.
- Jika dalam waktu lebih dari 3x24 jam data masih menunjukkan status Belum Kirim atau Gagal Diproses silahkan menghubungi LPMP, Dinas terkait untuk diinformasikan kepada admin sentra.
Masih adakah permasalahan lain yang perlu dibahas? Silahkan tulis di kolom kementar yang disediakan.